Drug War (2012) Review

large_drug_war_poster_xlMari membuka hiatusnya blog ini dengan sebuah film action tahun 2012 asal Hongkong, Cina. Well, jujur aja gw bukan penggemar film action kejar-kejaran ala Cina. Jadi jangan heran kalau gw baru nonton dan mereview film ini sekarang, karena beberapa hari lalu seorang teman dengan herannya bertanya, “Lo belom nonton, Ray? Bagus tau!”

Sesuai judulnya, film garapan produser sekaligus sutradara Johnie To ini berpusat pada aksi kepolisian Hongkong dalam membasmi sindikat narkoba. Dipimpin oleh Captain Zhang (Sun Hong-Lei), mereka berhasil menangkap bandar narkoba kelas kakap yang tak hanya tahu rahasia jalur peredaran narkoba di Hongkong, tapi juga hampir di seluruh Asia Timur bahkan hingga ke Asia Tenggara.

Dialah Timmy Choi, yang diperankan dengan sangat mengesankan oleh Louis Koo. Ancaman hukuman mati membuatnya rela menjatuhkan harga dirinya memohon keringanan hukuman kepada Captain Zhang, apapun persyaratannya. Maka cerita pun dimulai, tense dibangun dan terus terjaga hingga menit-menit terakhir hingga tanpa sadar film sudah mau berakhir. Keseruan aksi kepolisian Hongkong membasmi bandar narkoba kelas kakap ini seolah membuat kita lupa waktu.

Tak hanya aksi para kepolisian yang canggih dan tertata rapih, tapi juga tipu muslihat para bandar yang apik dan mengagumkan membuat gw sungguh terpukau dengan film ‘tembak-tembakan’ ini yang kini membuat gw sibuk membuat teman-teman sekantor menonton film seru ini. Kita akan dipertemukan dengan serangkaian bandar dengan ciri khas unik dalam mengelabui kepolisian. Belum lagi heroine of the movie,  Crystal Huang Yi yang berperan sebagai Yang Xiaobei, partner Captain Zhang yang kecantikannya akan menyejukkan mata Anda wahai para lelaki, meski kualitas aktingnya tak seberapa tapi cukup.

Dirilis pada tahun 2012 di Cina dan 2013 di Amerika Serikat, film ini berhasil meraih perhatian berbagai ajang penghargaan perfilman, salah satunya adalah Rome Film Festival dimana Drug War meraih posisi kedua dalam the surprise film dari Asia setelah Back to 1942. Di Cina sendiri, film ini berhasil meraih pendapatan kotor tertinggi kedua setelah Oblivion yang diperankan oleh Tom Cruise. Pada tahun 2014 tersiar kabar kalau Korea Selatan berencana meremake film garapan Johnie To ini, tapi sampai sekarang belum ada kelanjutan beritanya. Hmmm… kita tunggu aja ya..

large_drug_war_poster_xl

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s